Archive for Mei, 2012

Winamp, Media player gak jalan saat guitar rig dijalankan — Mengiringi lagu dengan guitar rig 5

Posted on Mei 14, 2012. Filed under: Belajar Musik | Tag:, , , |

Saat bermain gitar dengan guitar rig, tentunya anda tidak hanya ingin memainkan gitar, tetapi juga bisa mengiringi lagu dan mengisi rythm atau melodinya. Masalahnya adalah bahwa asio4all yang digunakan di guitar rig tidak bisa digunakan untuk program yang lain seperti winamp atau windows media player, artinya asio4all tidak bisa dugunakan untuk dua software bersamaan. Meskipun asio4all direlease, mungkin bisa memainkan winamp atau media player yang lain, tapi guitar rignya kemudian tidak berfungsi. Cara mengatasi masalah ini cukup mudah. Solusi yang saya tawarkan ada 2, yaitu:

1. Menggunakan fasilitas tapedeck yang ada di guitar rig. Disitu kita bisa me-load file mp3 untuk dimainkan di gitar rig sehingga kita bisa mengiringinya dengan suara gitar yang dihasilkan oleh gitar rig. Lihat gambar di bawah ini:

Tampilan rack guitar rig 5. di bagian atas, ada tape rack/deck. carilah icon pembuka folder, seperti dibawah ini (nomor 2 dari kiri) nomor 1 adalah new file, nomor 2 adalah load file, nomor 3 adalah save file, pilih yang nomor 2.

Setelah anda menekan tombol load file, maka window / jendela akan nongol dan anda bisa mencari file mp3 yang anda inginkan untuk bisa diiringi.

Setelah itu, klick aja tombol playback, maka file mp3 nya akan dimainkan dan anda bisa mulai mengiringinya dengan alunan gitar anda.

Selain itu, anda juga bisa merekam hasil iringan anda. Scroll saja ke bawah, maka anda akan mendapati tapedeck/rack yang bawah, disitu ada tombol merah yang digunakan untuk merekam/record.

Alaternative / Cara kedua

2. Menggunakan DAW (Digital audio workstation) seperti Nuendo 4.

Di situ anda bisa me load beberapa file dan bisa bermain gitar dengan guitar rig. Penjelasannya akan saya posting di judul yang berbeda.

Kalau butuh softwarenya, ini linknya:

1.Guitar rig 5 pro full version

2. Nuendo 4 portable

Iklan
Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 2 so far )

Solusi masalah Guitar Rig 3, 4, 5 Noise saat laptop diCharge

Posted on Mei 10, 2012. Filed under: Belajar Musik | Tag:, , , |

Guitar Rig memang memanjakan kita dengan efek distorsi yang luar biasa, cukup dengan laptop dan gitar elektrik, jadi gak perlu beli efek mahal mahal seperti zoom 707, Ax, dll. Pas lagi enak enaknya main guitar rig 3, 4, atau 5 dengan laptop tiba tiba baterai low. Nah saatnya laptop dicharge. Tapi anehnya setelah laptop dicharge, suara distorsinya jadi kemresek alias ada noise. Bagaimanakah cara menghilangkan noisenya pada saat dicharge? Gampang. ini dia solusinya:

Bahan yang dibutuhkan:

1. Kabel saja 😀

Yang harus dilakukan:

Connect salah satu ujung kabel ke Bridge nya gitar ke tubuh anda. Dijamin noise nya langsung ilang :D. Gampang kan? Gitar elektrik saya juga saya pasangi kabel di bridgenya, sewaktu waktu kalau ngecharge, kabelnya tinggal saya tempelkan ke tangan, kadang perut wkwkk 😀 , kadang kaki.

Gambar Bridge Guitar

Gambar Perut Anda 😀

Oke, selamat mencoba.

Kalau butuh Guitar Rig 5 Klik di sini:

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( 15 so far )

Video tutorial melukis pohon dengan kombinasi gradasi warna pohon dan daun menggunakan illustrator cs3

Posted on Mei 9, 2012. Filed under: Video Tutorial | Tag: |

Satu lagi video tutorial coba coba. Kali ini mencoba menyampaikan bagaimana melukis pohon berbasis vektor menggunakan Adobe illustrato cs3. Pada umumnya mindset kita ketika menggambar pohon maka warnanya adalah cokelat, dan ketika menggambar daun maka warna yang muncul di kepala adalah hijau. Namun, ternyata kalau kita melihat pada contoh nyata pohon, maka sebenarnya yang menjadi warna dasar adalah hitam. Untuk lebih lengkapnya, silakan lihat video berikut ini 😀 :

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( None so far )

Penggunaan “used to” English Grammar

Posted on Mei 9, 2012. Filed under: Bahasa Inggris | Tag:, , , , |

Dapat fasilitas iMac rasanya seperti kejatuhan durian :D.  Begitu memegang iMac, seolah olah ide ide dan imaginasi saling berdatangan. Kreatifitas demi kreatifitas menjajah otak ini :D. Nah.. sembari coba-coba, ini saya buat sederhana saja yaitu penggunaan “used to”. Jika ini nanti bagus atau bisa diperbaiki, maka akan dibuat video tutorial English Grammar atau khusus TOEFL Grammar lebih lengkap supaya bisa digunakan untuk mencerdaskan bangsa. Hidup Indonesia.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( None so far )

Video Tutorial: Nyoba Nyoba Menggambar dan Mewarnai dengan Adobe Illustrator CS3

Posted on Mei 9, 2012. Filed under: Internet, Komputer | Tag:, , , , , |

Iseng-iseng mendokumentasikan hobby menggambar. Kali ini mencoba merekam dengan Camtasia Studio. Yang direkam adalah Menggambar dan mewarnai dengan Adobe Illustrator Cs3. Yang mungkin sedikit berbeda adalah karena pada tutorial ini sebenarnya saya tidak menggunakan mouse tapi dengan alat bantu gambar Wacom. Nah Wacom itu apa? googling aja..wkwkwkk 😀 sorry gan. Proses mewarnainya sebenarnya tidak beda jauh dengan menggunakan Photoshop, bedanya adalah bahwa Illustrator adalah vector based yang hampir mirip coreldraw. Ini dia Videonya: 😀

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( None so far )

IKLAN BIDIK MISI 2012

Posted on Mei 9, 2012. Filed under: Belajar Musik, Lagu Lagu Ciptaanku | Tag:, , , , |

Nah.. ini nih satu lagi iklan yang dibuat oleh tim MMB PENS (Multimedia Broadcasting – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya). Kali ini (Iklan BIDIK MISI 2012) musiknya sepenuhnya dibuat dengan VST plugin nya Frutty loop 10, tidak menggunakan alat musik manual sama sekali termasuk gitarnya dan lainnya. Sedangkan untuk Narasinya, suara saya harus dipaksa lebih rendah sampai tenggorokan sakit guna menghasilkan suara yang berat dan berwibawa, pasalnya kalau pakai suara biasanya hasilnya bakalan cempreng dan pasti tidak cucok banget. 😀 . Langsung saja, ini dia video nya:

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( None so far )

Iklan SNMPTN 2012

Posted on Mei 9, 2012. Filed under: Belajar Musik, Lagu Lagu Ciptaanku, software efek gitar | Tag:, , , , , , , , |

Semenjak kecil dulu, saya tidak pernah membayangkan ataupun berangan angan akan terlibat dalam pembuatan iklan yang kemudian ditayangkan di 8 TV nasional. Oh bangganya, meskipun sampai saat ini saya sendiri belum pernah melihatnya di TV karena hampir tidak pernah nonton TV, wkwkkw maklum gak punya TV dan kegiatan yang super padat.

Di dalam pembuatan iklan SNMPTN 2012 ini saya bertanggung jawab menggarap background musiknya dan juga bagian Narrator nya. ha ha  ha… akhirnya hobi musik saya tersalurkan ke jenjang nasional..wkwkwk. Dan siapa sangka kemudian suara saya yang biasa biasa ini ternyata kata orang pas untuk mengisi narasinya. 😀 . Kami Tim MMB PENS telah bekerja dengan kompak menghasilkan karya berikut ini:

Musik tersebut saya buat dengan hanya menggunakan satu alat musik yaitu gitar elektrik. Lainnya adalah MIDI menggunakan beberapa VST dari Frutty loop 10 dan Guitar Rig 5 yang kemudian di mixing dan dengan Nuendo 4.

Sebenarnya ada 3 iklan yang kami kerjakan yaitu: SNMPTN, BIDIK MISI, dan POLITEKNIK. Untuk iklan BIDIK MISI dan POLITEKNIK menyusul di postingan berikutnya.

Baca Pos Lengkap | Make a Comment ( None so far )

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...