Pentingnya mengerti tata bahasa

Posted on Juli 3, 2011. Filed under: Bahasa Inggris | Tag:, , , , , , |

Mengerti tata bahasa adalah penting. Tanpa mengerti tata bahasa yang baik, kalimat yang kita susun tidak bisa dipahami, menyebabkan salah paham, dan bahkan bikin orang tertawa… ha ha ha..😀. Saya menulis postingan ini gara gara mebaca postingan idm portable. nah, komentar salah satu pengunjung yang komentarnya itu sangat menggelikan bagi saya. Usut punya usut, kalimat tersebut menggunakan ungkapan yang tidak pas. ini dia :

 

hati@ dengan windows 7…….
Saya pake windows seven di laptop acer 4530 setelah 2bulan speker kiri laptop saya mati…… begitu juga dengan teman saya.

 

komentar tersebut oleh “xXx” (bukan samaran) . kalau mau lihat aslinya, silakan kunjungi: http://darkbite.wordpress.com/portable-idm/

Dalam bahasa inggris, biasanya perbandingan harus sesuai. misal:

1. My car is bigger than your car (benar)

2. My car is bigger than yours (benar)

3. My car is bigger than you (salah)

 

Pada kalimat 1 dan 2, yang dibandingkan adalah antara mobil dengan mobil, yaitu mobil saya dan mobil anda (equal). pada kalimat kedua “your car” diwakili dengan “yours” yang artinya adalah “mobil mu”. Dengan demikian kalimat 1 dan 2 logis. tetapi kalimat ketiga tidaklah sebanding karena yang dibandingkan adalah “My car” dengan “you” .

 

secara semantik, jika makna yang dikehendaki adalah “mobil saya ukurannya lebih besar dari tubuh kamu” maka kalimat “My car is bigger than you” itu benar secara makna dan tatabahasa. istilahnya adalah semantically and grammatically correct. tapi jika makna yang dikehendaki adalah “mobilku lebih besar daripada mobilmu” maka “My car is bigger than you” adalah salah secara grammatical. maka sebutannya adalah “grammatically ill”.

 

nah, apa hubungannya dengan potongan komentar pengunjung blog darkbite di atas?

 

speker kiri laptop saya mati…… begitu juga dengan teman saya.

si penulis membandingkan “speaker kiri laptop” dengan ” teman saya” yang dalam susuannya sama sama menyandang predikat “mati”😀 berarti TEMANNYA JUGA IKUT MATI”😀😀 ha ha ha…

mestinya diubah menjadi

speker kiri laptop saya mati…… begitu juga dengan “speaker milik” teman saya.

simak contoh dalam bahasa inggris.

I was here, so was john.

saya (kemaren) di sini, begitu juga dengan john

saya <=> john

Nah, dengan demikian penting sekali bagi kita untuk mengerti tata bahasa. GRAMMAR itu penting! makanya jangan takut, tapi harus bisa!

semoga menberi pencerahan dan tambahan wawasan. bagi yang tidak paham atau malah tambah bingung, saya mohon maaf, karena sebenarnya saya lagi males nulis, sehingga banyak poin poin yang masih saya sembunyikan.

 

Aliv Faizal Muammad

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

14 Tanggapan to “Pentingnya mengerti tata bahasa”

RSS Feed for Alivfaizalmuhammad's Blog Indonesian Comments RSS Feed

mas bro tuker link yuk..😀

boleh.. akan segera saya taruh link pean di blog saya..

posting yang bagus🙂

Terimakasih….🙂

sudah saya pasang juga di blogrol saya, thanks🙂

Kalau dipikir-pikir memang gitu ya.. heheheh

memang demikian.. ha ha ha..

nice job😀

ok boss..

mantap bro, memang kaidah tata bahasa itu penting, tapi menurut pendapat saya yang penting disitu ada saling kemengertian (maksudnya podo mudenge). Tata bahasa lebih banyak digunakan di dalam diktat ilmiah ato cenderung ke writing, kalo soal speaking ato berbicara, tata bahasa boleh dikesampingkan dikit lahh..yang penting “podo mudenge” hehehe.. betul gak????

setuju. .. setuju.. tapi di sini settingnya adalah interaksi antar akademisi, jadi tatabahasa harus benar, biar gak malu maluin… ha ha ha..

Hahahahahahaha…

I really amazed with your story.

Thank you because you are making me laugh Sir.
😀

alright.. study hard boy…. that is a prove that learning English is fun..😀


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

