Mengatasi noise pada overload Th1 (software efek gitar untuk PC) – dengan mengatur Gate controller

Posted on Mei 17, 2011. Filed under: Tak Berkategori |

Anda yang suka bermain gitar tentunya sudah tidak asing lagi dengan software efek gitar untuk PC yaitu Overload TH1. Meskipun masih banyak software efek gitar yang lain seperti Guitar Rig dan Guitar FX, menurut saya Overload TH1 jauh lebih bagus. Namun, namanya juga software gratisan ( ya… meskipun sebenarnya berbayar sih, tapi versi cracked nya kan banyak. Untuk mendapatkan software overload TH1 anda bisa googling. ) overload TH1 masih memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan ini oleh para newbie mungkin terasa menjengkelkan, yaitu:

  1. Latensi (late = lambat)

    Pertama kali menginstal dan menggunakan overload TH1 anda pasti merasa suara gitarnya sedikit terlambat. Antara saat anda memetik gitar dan suara yang dikeluarkan lewat sound out tidak bersamaan. Hal ini disebabkan oleh proses konversi data analog gelombang suara gitar menjadi data digital yang diolah di overload TH1. Dengan kata lain, memori dan processor PCnya harus mendukung karena jika tidak mensupport bisa mengakibatkan kinerja komputer melambat dan bisa bisa hang… penyebab utamanya adalah soundcard yang kurang didukung oleh Drive yang tepat.

     

    Solusinya adalah: menggunakan Drive Asio4all. Search saja lewat google. Download, lalu instal. Setelah diinstal anda bisa mengatur aturnya. Untuk mengaturnya, buka “option” Tampilan di overload TH1 akan menjadi:

     

overload TH1 1

 

Biasanya device nya adalah soundcard PC anda, biasanya adalah realtek, tergantung dari spesifikasi hardware PC anda, gantilah menjadi asio, lalu aturlah sampel rate nya dan audio buffer size nya. Sampel rate dan audio buffer harus diseimbangkan karena jika tidak seimbang akan menyebabkan soundnya tidak keluar alias bingung. Semakin kecil audio buffer sizenya, semakin rendah latensinya. Rendahnya audio buffer size juga dipengaruhi oleh soundcard bawaan pc anda.

 

  1. Noise (bunyi hiss (kemresek) )

    Ketika anda memilih efek clean, maka seolah bunyinya benar benar bersih alis tidak ada noise alias tidak kemresek. Tetapi ketika anda memilih efek distorsi seperti full metal, Guitar Hero, dan Big Stack 80, maka noisenya akan sangat terdengar. Hal ini sangatlah mengganggu. Dari beberapa artikel yang saya baca dari berbagai blog dan forum, solusinya adalah dengan membeli soundcard kusus. Tapi harganya sangatlah mahal, padahal kita kan maunya yang murah dan kalau perlu gratis.. ha ah ah.. :D . sayangnya, meskipun sudah membeli soundcard kusus, beberapa melaporkan ternyata masalahnya sama saja yaitu noisenya tetap ada. Maka setelah saya otak atik, ketemulah 2 solusi:

     

    Solusi 1:

    Dengan menambahkan efek noise suppression. Caranya, kabel efek nya diklik kanan lalu cari noise suppression. Warnanya biru. Silahkan atur Gate nya menjadi lebih tinggi. Ini berhasil mengatasi noisenya, namun masih ada kelemahan yaitu suara gitarnya tidak bisa panjang dan berhenti tiba tiba.

     

    Solusi 2:

    Dengan mengatur Gate pada volume controller yang ada di bagian atas jendela overload TH1:

     

     

    Masih dalam keadaan tertutup, klik lah supaya membuka menjadi:

     

     

    Setelah membuka, aturlah tombol Gate nya, silahkan tinggikan db nya, tapi jangan terlalu tinggi karena suaranya akan benar benar hilang, jadi aturlah dengan baik secukupnya.

     

  2. Ground

    Bunyi kemresek dari masalah grounding terjadi saat anda menggunakan overload TH1 bersamaan anda mengecharge laptop anda. Artinya, kabel charger terhubung ke listrik. Hal ini menyebabkan grounding. Untuk mengatasinya cukup mudah. Carilah kabel, hubungkan ujung 1 ke jack gitar, dan ujung yang lainnya ke tanah, tembok, atau boleh juga ke tubuh anda :D. Masalah selesai Problem Solved.

 

Demikian sedikit ulasan tentang noise di overload TH1. Semoga bermanfaat, happy ROcking!!!!

 

Aliv Faizal Muhammad

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

20 Tanggapan to “Mengatasi noise pada overload Th1 (software efek gitar untuk PC) – dengan mengatur Gate controller”

RSS Feed for Alivfaizalmuhammad's Blog Indonesian Comments RSS Feed

He.. Klo saya asing dengan semua software yang ditulis mas aliv. hehe.. ini tuh bisa digunakan untuk gitar yang terkoneksi ke pc saja ya?

[...] keyword tentang pencarian software efek gitar untuk pc. Kebetulan di blog ini juga mengulas tentang mengatasi noise di overloud TH 1 . Di ulasan saya di mengatasi noise di overloud TH 1 saya menyebutkan lebih [...]

apa nama alamat Drive Asio4all di internet kok gak dapa2 ku download
gimana caranya………………….

sya dah download,trus instal,, tpi msih gak bsa tuh mas???
apa langkah slanjut’y ?

Mungkin anda belum menyetting input dan output audio. perlu diketahui bahwa software efek gitar semacam overloud th1 dan guitar rig harus menggunakan soundcard kusus. tapi kalau anda memakai soundcard bawaan komputer atau laptop anda, anda harus menggunakan driver asio4all. untuk lebih jelasnya, silakan baca https://alivfaizalmuhammad.wordpress.com/2011/07/27/guitar-rig-4-tidak-mengeluarkankeluar-bunyisuara/ dan juga https://alivfaizalmuhammad.wordpress.com/2012/06/05/beberapa-kemungkinan-penyebab-guitar-rig-34-atau-5-tidak-bisa-bunyimengeluarkan-suara-atau-tidak-berjalan-dengan-baik/

Ini software H1 gak demo kan gan,.? ana download guitar rig 5 kog tulisan nyah demo muulu,, tiap 30menit mati ndiri deeh,, bantu ya gann,.
Thanks :D
kalo ada minta link buat download Guitar rig 5 yang Full donk biyar gak demo ,, Heeeee

Mas Okay123karat, anda termasuk beruntung berkunjung ke blog saya setelah saya menggratiskan yang full version, bukan yang demo. Dulu, setiap yang request software guitar rig 5 ini pasti saya minta isi pulsa ke nomor hp saya. tapi sekarang sudah saya gratiskan. itu software benar benar guitar rig 5 full version. tidak pakai ngecrak dan lain lain. install lalu pakai sampai seumur hidup.

woooow,, thanks mass broo. !!. ini software kereen bangget dah., :D

halo salam kenal gan, nih saya jga baru coba ni software n noise na udah diatasi, tapi kok suaranya bisa hilang tiba-tiba y?? (ngga mau panjang gitu sustain nya)
mohon pencerahan nya :))

Salam kenal juga mas Tuja. Anda kan memakai softwarenya saja. Tentusaja noisenya banyak, tidak sebersih kalau anda juga memiliki hardware khusus Overloud TH1. Kita kan hanya pakai softwarenya aja dengan komputer atau laptop pribadi. Nah yang perlu diketahui sebelum mengatur gate controller, yaitu input dan output sebaiknya jangan terlalu besar, level efek distorsinya juga jangan terlalu besar supaya noisenya tidak terlalu banyak. Dengan demikian, Gatenya pun tidak perlu terlalu tinggi sampai sampai suaranya putus ditengah jalan :D. Gate nya rendah saja disesuaikan dengan iput dan output juga efek distorsi yang dipakai. kalau mau suaranya keras, diataur dari soundout nya saja. lebih aman. Dari semua penyebab noise, level efek distorsi adalah yang paling berpengaruh, jangan terlalu tinggi, niscaya noisenya tidak banyak.

Solusi 2.
Gunakan Guitar rig 5 saja. Jauh lebih jernih dan noisnya sedikit, tentunya suara bisa lebih panjang, karena Gatenya tidak perlu terlalu tinggi untuk membuang noisenya. Kalau belum punya Guitar Rig 5, cari link downloadnya di blog ini. ada kok. Sudah unlocked, jadi gak butuh crack.

Saya sendiri sekarang sudah tidak lagi menggunakan Overloud TH1.

sangat bermanfaat gan.. jadi ngga lelet lagi.. antara petikan sama ot=utnya udah bareng.. makasih bauaanyak gan.. canon rock kan dulu ya gan. :D

wis…. serunya main canon rock :D selamat ngejam ria!!! :D

bisa ga kalo direkam di cool edit atau nuendo?

Cool edit gak ada fasilitas buat ngeload VST om, jadi gak bisa kalau direkam di cool edit. Kalau Nuendo bisa karena Nuendo bisa ngeload/ngebuka vst guitar rig. Jadi kalau mau ngrekam pakai Nuendo, cubase, studioone, atau flstudio. Kunjungi blog ane yang lain http://musisi.org sama http://music-production-softwares.blogspot.com/

ok semoga berhasil

gak ada noise suppressionnya gan, gimana cara ngilangin suara kemreseknya ni?

Solusi terbaik untuk menghilangkan kemreseknya adalah dengan menggunakan External Soundcard seperti M-Audio USB,
tapi kalau takut mahal:
Kabel yang bagus (katanya orang orang, kalau kabel bocor, suara jadi kemresek, yang bocor apanya? yang tahu ya orang elektro :D)
Masa’ sih gak ada noise suppression nya? itukan bawaan overloud th1. pasti ada.

solusi akhir: Ganti dengan Guitar Rig 5. Mudah install. Stabil. Efek jauh lebih bagus.

masukan,,. Kalau bisa software buat drum module juga di share, biar gak cuman software efek gitar aja… :-)

Wah..iya ya..ide bagus itu. Oke segera ane buat dan mohon tunggu ya..nanti ane share. Thanks ms syahrul


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 159 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: