Kelezatan Tradisional (Sambal/sambel)

Posted on Februari 25, 2009. Filed under: Kehidupan Nyata | Tag:, , , , , |

Mendengar kata “kelezatan” sudah pasti schemata anda mengacu pada makanan. Ada berbagai masakan yang menawarkan kelezatan dan cita rasa yang beraneka ragam. Namun, sadar atau tidak, hampir kebanyakan masakan masakan itu hanyalah modifikasi atau akal akalan para tukang masak atau koki.
Mungkin kita telah melupakan cita rasa asli, tradisional yang sangat sederhana namun justru menawarkan berjuta rasa yang meledak ledak. Apa masakan yang sederhana itu.
 
SAMBAL (Jawa = Sambel)
Anda mungkin sering mendengar pepatah jawa yaitu “makan nggak makan asal kumpul” (Jawa = mangan ora mangan yen ngumpul). Pepatah tersebut mencerminkan kehidupan sosial orang jawa, lalu bagaimana dengan pepatah jawa yang berhubungan langsung dengan makanan. Ini dia pepatahnya, simak di bawah ini
 
“MATI URIP SAMBEL” (indonesia = mati hidup sambal)
Artinya, entah dalam keadaan apapun entah itu kecukupan atau kekurangan, sampai akhir hanyat jangan sampai berpisah dengan sambel.
Sambel telah menjadi kawan orang jawa sepanjang sejarah kehidupannya. Faktanya orang cenderung makan lebih banyak ketika ditemani dengan sambel.
 
Ada sebuah pemahaman atau doktrin yang cukup ekstreem di kalangan orang orang pedalaman. Bahwa kalau mencari pasangan hidup (istri) itu sebaiknya yang bisa nyambel enak. Karena kemampuan membuat sambel yang enak mewakili pelayanan yang enak dari segi manapun. Biasanya orang pintar membuat sambel yang enak itu nurut sama suami, itu juga katanya sih…
 
Nah, sekarang anda pelototi gambar sambel buatan itu saya di bawah ini, yang disandingkan dengan tempe dan tahu goreng…alamak…….mak nyus…..!!!
 
Gambar: sambel terasi dengan tahu dan tempe goreng.
sambal-terasi

 

 
Dari gambar diatas terekam ribuan kelezatan yang terangkum dalam kesederhanaan sambel. Bersyukurlah anda yang bisa meracik sambel yang enak. Jika anda belum bisa, maka segeralah mencari tahu bagaimana cara membuatnya sebelum anda dicap ketinggalan kereta api…jus jus….

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: