Converter 3.5 mm dengan 6.35 mm untuk bermain gitar di PC atau Laptop dengan Guitar rig 3, 4, dan 5

Posted on Juni 9, 2012. Filed under: Belajar Musik | Tag:, , , |

Guna melengkapi artikel sebelumnya tentang Guitar Rig 3, 4, dan 5 , maka saya posting juga setting kabel dan converter yang dibutuhkan. Pada umumnya ketika menggunakan gitar elektrik, kabel yang digunakan mempunyai dua ujung yang sama sama menggunakan connector berukuran 6.35 (besar) seperti gambar berikut :

Namun, pada saat ingin menggunakan gitar elektrik yang kemudian dicolokkan ke laptop, anda harus mengganti salah satu ujungnya dengan yang sama ukurannya dengan connector input yang ada di laptop yaitu yang berukuran 3.5 (lebih kecil). Maka, gantilah salah satu ujungnya dengan seperti yang berikut ini:

Ada 3 cara/alternatif untuk mendapatkan 2 ujung connector yang berbeda:

Cara 1.

Dengan membeli kabel yang memiliki dua ujung berbeda yaitu 6.35 dan 3.5. Ujung dengan ukuran 6.35 dicolokkan ke gitar, sedangkan ujung yang berukuran 3.5 dicolokkan ke PC atau Laptop. Lihat gambar berikut:

Cara 2.

Dengan merangkai sendiri kabelnya. Maka yang dibutuhkan adalah 1. kabel mono/stereo (panjangnya terserah anda). 2. connector 6.35 (mono/stereo). 3. Connector 3.5 (mono/stereo). Kebutuhan tersebut bisa dibeli di toko toko elektronik. Setelah itu, rangkailah, jika anda tidak tahu kabel kabel mana yang harus disambungkan, jangan bingung, minta saja kepada penjualnya untuk sekalian merangkainya, perlu dicatat, berilah uang lelah untuk jasa merangkai kabel tersebut :D.

Cara 3.

Jika anda mempunyai kabel dengan dua ujung yang sama sama menggunakan connector ukuran besar (3.65) maka anda tinggal perlu membeli converter untuk ke ukuran 3.5. Jadi, salah satu ujung yang berukuran 6.35 itu dimasukkan kedalam converter tersebut, konverter tersebut memiliki lubang untuk 6.35. lihat gambar berikut:

nah, diantara 3 alternatif tersebut, saya menyarankan menggunakan cara pertama atau kedua yaitu membeli kabel dengan dua ujung berbeda atau merangkai sendiri. Ini untuk menjaga kestabilan input karena ketika bermain gitar dan menggunakan cara ketiga, biasanya akan goyang goyang sehingga suara kadang terganggu.

Terimakasih, Semoga bermanfaat, jika ingin memiliki software guitar Rig 5 klik disini.

About these ads

Make a Comment

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

8 Tanggapan to “Converter 3.5 mm dengan 6.35 mm untuk bermain gitar di PC atau Laptop dengan Guitar rig 3, 4, dan 5”

RSS Feed for Alivfaizalmuhammad's Blog Indonesian Comments RSS Feed

Mas, kabel2 itu bisa didapat dmn ya ?
toko musik atau toko elektronik ? Lalu, jika saya ingin membeli nya, kabel2 tsb bernama apa ?

Toko musik biasanya ada, toko elektro biasanya lebih sering ada :D . Bilang saja mau beli colokan untuk audio input atau output yang ukurang kecil 3.5 sama yang besar 6.35. Nah.. kalau masih takut keliru atau bingung, print aja tuh gambar lalu bawa ke toko elektronik, lalu bilang “pak, saya mau beli benda yang kayak di gambar ini” :D simple kan? udah.. segera beli.. dan langsung rock and roll!!!!

mas, kalo gitar akustik elektrik bisa pake efek ngk?

Bisa. Asalkan ada input yang masuk ke laptop atau komputer, dan pickup/spoolnya cocok, maka tetap bisa bermain gitar rig/efek gitar pakai laptop. Download aja guitar rig nya di sini : <a href="http://music-production-studio.blogspot.com/2014/01/download-guitar-rig-5-pro-unlocked.html?

mas mau nanya ko guitar rig 5 saya ga bisa actived ya? kenapa tuh mohon bantuannya

Mas Ray, anda sumbernya dari mana? apakah dari link yang saya berikan? Sejauh ini yang menginstal guitar rig 5 dari saya tidak ada masalah, karena sudah diunlock, jadi tinggal install dan pakai, tidak ada acara aktivasi segala.

mungkin perlu diperjelas, yang anda maksud “Actived” itu “bisa dipakai / bunyi ” apa belum bisa dipakai karena bajakan.

bang klo laptop ke soundsystem juga bisa kan???

Bisa, tinggal buat kabel aja yang masuk ke sound system sebagai output. Trus oleh sound system dianggap sebagai input, jadi bisa diamplifikasi.


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 152 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: