Masalah dan solusi Guitar Rig 4 tidak mengeluarkan/keluar bunyi/suara

Posted on Juli 27, 2011. Filed under: Belajar Musik | Tag:, , , |

Banyak sekali yang nyasar ke blog ini dengan kata kunci tentang mengapa guitar rig 4 tidak bisa mengeluarkan bunyi. Ini merupakan masalah lanjutan dari guitar rig 4 setalah masalah pertama yaitu suara yang terlambat keluar yang bisa diatasi dengan menginstal driver asio4all. Untuk mendownload driver asio4all, cari saja lewat google, mudah kok.

Nah, mari kita kembali ke pokok bahasan posting ini yaitu bagaimana mengatasi masalah suara yang tidak keluar ketika menggunakan guitar rig 4. Mungkin ada beberapa masalah yang lain mengenai masalah ini, tetapi sepengatahuan saya, penyebab paling crusial dalam masalah ini adalah konflik antara driver asio dan driver bawaan laptop (biasanya realtek). Jika driver realtek masih aktif, asio tidak akan berfungsi di guitar rig yang kemudian menyebabkan suara gitar dan efeknya tidak keluar. Maka, supaya bisa keluar suaranya, driver yang dari realtek (bawaan laptop) harus dinonaktifkan (disable). Caranya adalah:

1. anda masuk ke control panel, dan carilah hardware and sound, lalu ke sound. Buka, lalu pada tab recording disable semua peralatannya:

Langkah diatas adalah untuk mendisable input dari realtek, supaya asio bisa menghandel inputnya.

2. buka bagian tab playback, lalu buka speakernya (double click) pastikan Realtek HD audionya lebih besar, sedangkan microphone dan pink in nya harus dikecilkan sampai sekecil kecilnya (0) ini supaya suaranya tidak mengganggu suara efek dari guitar rig. Lihat gambar berikut:

Untuk menaikkan suara outputnya nanti supaya bisa terdengar nyaring, juga bisa lewat sound control di pojok kanan bawah, seperti berikut ini:

(langkah ini adalah sebelum speakernya didisable (langkah 3) )

3. berikutnya adalah mendisable speaker nya yang ada di tab playback. Tadi memang sebelum didisable, level dari speaker nya diatur seperti langkah nomor 2, baru kemudian langkah ke 3 yaitu didisable (nonaktifkan), lihat gambar berikut:

4. kemudian anda buka guitar rig 4 nya. Buka tab File, lalu ke Audio and Midi Settings, pastikan drivernya Asio, lalu atur input dan outputnya di tab Routing sesuai gambar berikut ini.

Nah dari sini semestinya Guitar rig 4 anda sudah bisa memunculkan suara. Jika ada pertanyaan lagi silakan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Salam.

kalau mau download softwarenya, ada di sini: Music Production SOftware, semuanya full version.

Aliv Faizal Muhammad
Sumber Tutorial gitar:

http://eduguitar.com/

Untuk lebih banyak tentang guitar rig 5, kunjungi:

http://musisi.org/

PROMOSI …..

BUKU BARU BAGI PECINTA MUSIK DIGITAL
“AUDIO MASTERING”
Mengulas dasar-dasar Audio Mastering dengan menggunakan Software.

Audio Mastering kita butuhkan sebagai akhir dari proses pembuatan lagu. Di dalam buku ini diuraikan dasar-dasar Mastering sebuah lagu dengan hanya menggunakan Software. Sehingga memungkinkan kita untuk bekerja lebih fleksibel. Disertai dengan gambar-gambar yang membuat proses belajar kita menjadi lebih mudah.

Berisi :
– Pengertian Audio Mastering

- Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Mastering

- Memulai Melakukan Audio Mastering

- Step by Step Audio Mastering Dengan Menggunakan Software

E-Book tebal 27 halaman harga Rp. 15.000,-

Berminat? Silahkan kontak 081 2302 1665 (Eko)

nb :: Contoh dalam buku ini menggunakan software Cubase, tetapi bisa diaplikasikan di DAW yang lain.

Audio Mastering Dengan Cubase, Audio Mastering With Cubase

Audio Mastering Dengan Cubase, Audio Mastering With Cubase

Belajar Bahasa Inggris dengan bahasa Pengantar Bahasa Indonesia

Belajar Bahasa Inggris dengan bahasa Pengantar Bahasa Indonesia

About these ads

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

114 Tanggapan to “Masalah dan solusi Guitar Rig 4 tidak mengeluarkan/keluar bunyi/suara”

RSS Feed for Alivfaizalmuhammad's Blog Indonesian Comments RSS Feed

kenapa ya, klo saya, ketika di tahap “routing” , “audio and MIDI setting” ga ada tulisan HD audio input/output? tulisannya yg ada “not connected 1″ dan “not connected 2″…? oh iya sy msh pake guiatr rig 3 dan OS saya vista…..thx :D

ketika saya mengalami yang seperti sampean alami yaitu cuma ada tulisan not connected, biasanya adalah karena anda belum mendissable driver sound card laptop atau pc anda. Kalau sudah anda disable, saya yakin asio bisa bekerja dengan baik, dan input dan outputnya pun akan bekerja dengan baik. dan tidak akan ada lagi not connected. semoga berhasil.

kenapa input Line saya di ASIO CONFIGnya,,,, tidak terdeteksi,,,
status unavliable???

Biasanya, soundcard pada pc terdapat 3 colokan, 1 buat microphone, 1 headphone, 1 line in. nah, biasanya yang berfungsi dengan baik dengan asio adalah yang microphone. Dan jangan lupa, saat pakai Asio, speaker out nya dibesarkan dulu volumenya sebelum didisable. jika semua didisable, saya yakin bisa dideteksi.

gan maaf nie mau tanya klo cara mengaktivanya gimana ya,,??
soalnya tiap d buka kadang jalan kadang2 gak,,,jadi bingun,,,
trus pada saat saya buka crack yg ke buka hanya tambil guitar rig4 demo doang bukan serial keygen,,,,
tolong pencerahan nya gan,,,hhe,,,,,

wah kalau guitar rig 4 emang agak susah ngecracknya. Tapi jangan kawatir, ada solusi yang jauh lebih hebat yaitu menggunakan guitar rig 5 yang gak perlu susah ngecrack karena sudah dicrack sejak dalam kandungan, jadi tinggal pakai :D : silakan kunjungi halaman berikut untuk mendapatkan guitar rig 5 dengan sound yang sangat mendekati nyata: https://alivfaizalmuhammad.wordpress.com/2011/07/17/download-software-efek-gitar-untuk-pc-guitar-rig-3-dan-guitar-rig-4/

mas kok saya pada asio4allnya yg Retalk HD Audio Mic inputnya gk bisa aktif
harus gimana mas?
mohon jelaskan dengan lengkap
saya menggunakan Laptop intel pentium dual core

Untuk Mas Dimas, mungkin perlu diperhatikan beberapa hal berikut:
1. Asio4all tidak bisa digunakan untuk dua software aktif bersamaan. Misal: anda tidak bisa membuka guitar rig yang menggunakan driver asio4all dan anda juga membuka nuendo yang juga menggunakan asio4all. tetapi, jika guitar rig dibuka melalui nuendo sebagai vst maka asio4all tetap bisa bekerja.

2. Anda perlu mendisable driver soundcard (lihat di halaman pembahasan di atas) supaya asio4all bisa bekerja dengan baik saat digunakan untuk guitar rig. sebab, jika driver sound card tetap aktif maka asio4all tidak bisa digunakan untuk guitar rig.

3. Mungkin juga (meskipun sangat kecil kemungkinan) anda belum mencentang HD audio micnya di bagian setting asio4all. anda bisa mencarinya di taskbar pojok kanan bawah, icon asio4all adalah segitiga hijau. (anda pasti tahu ini).

4. Pastikan semua driver (mic,line in, speaker bawaan realtek didisable dulu /non-aktifkan) sebelum anda membuka guitar rig. jika anda membuka guitar rig sebelum mendisable driver2 tadi, maka guitar rig tidak bisa digunakan.

nah, jika semua itu sudah anda lakukan dan tetap saja tidak bisa, maka masalah utamanya adalah mungkin soundcard anda tidak support (tapi ini sangat jarang sekali, karena biasanya realtek selalu support) biasanya pada komputer yang soundcardnya built-in /internal biasanya tidak bisa.

Terimakasih, semoga membantu. Segini saja yang saya ketahui.

saya mau tanya tentang yang no 1
apabila menjalankan guitar rig saja sudah sukses dan suara effek pun keluar…!!!
nah ini masalahnya…
“jika guitar rig dibuka melalui nuendo sebagai vst maka asio4all tetap bisa bekerja”
nah kasus saya suara effect guitar rig 4 nya gak mau keluar pas recording di nuendo 4 !
tp setelah selesai recording dengan suara clean, hasil effect cleannya baru bisa berubah dan hasil suara dengan effect guitar rig baru bisa keluar!!, itu kenapa ya ??
makasih :D

oh.. itu sepertinya karena anda tidak mengaktifkan tombol “monitor” pada track rekamannya. kalau tombol monitor diaktifkan, anda bisa mendengar secara langsung efek yang dihasilkan dari guitar rig. begini, saya tuliskan kondisinya:
1. Jika tombol monitor diaktifkan, maka:
a. anda bisa mendengan suara efek yang dihasilkan oleh guitar rig secara langsung (anda mainkan gitarnya dan juga bisa mendengar hasil efeknya).
b. anda juga bisa mendengarkannya secara langsung saat proses merekam.

2. Jika tombol monitor dimatikan, maka:
a. Anda tidak bisa mendengar secara langsung (live) saat anda main atau recording.

Kesimpulan:
1. Saat latihan atau merekam, aktifkan tombol monitor.
2. Setelah merekam dan kemudian ingin mendengar hasil rekamannya, matikan tombol monitornya. Jika tombol monitor tidak dimatikan, maka anda tidak akan bisa mendengar hasil rekamannya karena itu masih dalam keadaan live performance.

Semoga bisa membantu :)

bos q punya masalah dengan guitar rig 4,guitar rig udah bisa bunyi masalahnya waktu pakai asio malah suara yang keluar noise. apanya ya bos. Trims

Kalau suara gitarnya masih ada kedengaran sedikit, itu bisa jadi gara gara:
1. Input terlalu besar
2. Input besar Gate kecil dan Output besar
3. Kamu lagi pada saat keadaan ngecharge laptop, jadi perlu ada grounding. caranya, baca aja komentar sebelumnya.
4. Soundcard kamu onboard/terintegrasi bawaan komputer, biasanya memang gitu, gak bisa.

gan gmn supaya suara efek overloud th 1 bs kluar??
klo pake asio, suaranya gk mau kluar, tp klo pke directsuondny jak bsa tp delayny panjang ,,,,
mohon baantuan …

ane juga sudah melakukannya menggunakan overloud TH1 menggunakan asio hasilnya juga demikian. Memang tidak support, meskipun bisa, suaranya masih banyak noise. yang semacam itu solusinya adalah:
1. Pakai soundcard eksternal seperti M-audio.
2. Ganti, jangan pakai TH1, gunakan Guitar rig 5. Dijamin langsung konser.

Mas saya pake guitar rig 3 dan asio4all (lupa versinya) window 7 64bit, dan pas maen bass pake software itu emang keluar lancar, masalahnya adalah pas saya pengen maen diiringin musik darimp3 ataupun videoklip (Saya muternya biasa pake mediaplayer classic) nah itu ga keluar suaranya kalau pake asio4all, kalo pake settingan soundcard onboard, itu delay sama noisenya ga ketolongan…itu gmna ya mas solusinya :| saya bener2 butuh banget nih hehe

thanks ya mas

memang, Asio4all tidak bisa dishare dengan software lain bersamaan. tapi ada solusinya :) ini dia: http://alivfaizalmuhammad.wordpress.com/2012/05/14/winamp-media-player-gak-jalan-saat-guitar-rig-dijalankan-mengiringi-lagu-dengan-guitar-rig-5/

[...] tutup dulu guitar rignya. lalu disable dulu driver realteknya (speaker). caranya, bisa dilihat di sini. setelah didisable, buka kembali guitar rig nya, semestinya guitar rig sudah dapat mengeluarkan [...]

lam knal om2 sekalian….^^ :)

mw tnya nihh..
gmn cara mainin gitar rig 4 ampe keluar bunyi nya..

bahan yg manda punya cm :
guitar elektrik
sambungan jack kecil 3.5 mm 2 bh..
kabel jack normal
1 bh laptop…

bisakah guitar rig jalan cm dgn bhan segitu..??

klo bs, tolong dong d ksh resepnya y biar manda bs nyobain… hehee…

trus klo d yg kurang, kira2 p y ??
mohon di ksh tw nihh..

makasihh…. :)

kurang satu lagi yaitu driver asio4all. Kalau ternyata driver asio4all sudah terinstall, maka baca sekali lagi settingan setingan yang tertulis di tikel ini dan lakukan dengan detil dan seksama. Jika masih saja ada masalah, maka harus pakai soundcard external seperti M-audio.

misi bos,,,
sya pake overloud TH1 & udah instal asio4all nya….
tpi knapa wktu di buka settingan TH1 nya,trus udh plih yg asio4all nya malah gak kluar suara sma skali yaaa…..???
mohon bantu cara nyeting’y bos…..
makasih,,,

bos, ane mau nanya, klo gw pke OS xp gmna cra’x men-disable driver yg dari realtex????? kyax yg di atas….. ane tnggu balasannya…..

Pada Prinsipnya sama, Buka Explorer > My computer > properties > device manager > lalu cari yang ada icon sound / atau yang berkaitan dengan driver soundcard, klik kanan, lalu disable. Beres.

bro mau nanya, aku pake guitar rig 3…sudah ngikutin cara diatas suaranya masih belum keluar….aku pake windows 7, tapi klo pake windows xp cara diatas pu tidak perlu dilakukan suaranya tetap keluar.. kenapa ya mas bro?

Mas Fadel, Saya belum pernah mengalami sendiri masalah tersebut. Namun, jika kenyataannya dengan windows xp suara bisa keluar, maka jelas itu adalah masalah compatibilitas / kecocokan antara OS yang digunakan dengan driver hardwarenya. Yang bisa coba dilakukan adalah:
1. Pastikan windows 7 yang anda gunakan itu adalah 32 bit atau 64 bit. Jika driver soundcard anda sebenarnya adalah support yang 32 bit saja, sementara windows 7 anda adalah 64 bit, tentu tidak bisa bekerja dengan baik. Maka jika windows anda adalah 32 bit, maka gantilah dengan yang 64 bit atau sebaliknya. Atau, anda carilah driver soundcard anda yang support untuk windows 7 64 bit (jika windows 7 anda adalah 64 bit), dan gunakan driver soundcard yang untuk windows 7 32 bit (jika windows 7 anda adalah 32 bit).

2. Cobalah buka settingan Asio nya. Driver soundcardnya (misal realtek) harus diaktifkan (dicentang), jika tidak mau / tidak bisa dicentang / diaktifkan, maka drivernya tidak support dengan OSnya. Solusi, hampir sama dengan yang diatas, ganti OS, atau ganti driver version saja.

Terimakasih, semoga bermanfaat.
Kalau saja saya melihat sendiri peralatan anda, mungkin bisa dilihat lebih detail problemnya, dan bisa langsung saya otak atik :D

om, mau nanya dong. jd saya abis download guitar rig 5 crack dan saya udah ikutin petunjuk om yg diatas. tp kenapa ya suara input gitar nya ga keluar. tp suara output sudah keluar.
apa ada yg salah lg ya om?
kalau di setingan asio sudah benar semua kok. mohon pencerahannya om.
thanks

lho.. kok aneh ya, padahal outputnya sudah keluar kok inputnya belum.., lha suara gitar kamu udah keluar belum? gini aja deh, kamu screenshoot setingan asio mu, juga setingan guitar rig nya.. kirim ke inbox fb saya “aliv faizal muhammad” search aja. Tapi kamu harus nagih lewat blog ini, karena aku amat sangat jarang buka fb, aku lebih sering buka blog ku ini daripada fb. Ok? ntar aku coba analisa dan coba berikan suggestion, siapa tau berhasil :) dan kamu bisa langsung ngerock!!!

sudah bisa om, aku instal ulang guitar rig nya :) skrg semuanya sudah berjalan lancar kok.
makasih ya om..

saya mau nanya.
Knpa ga semua efek bisa keluar suaranya ? Cuma beberapa efek aja yg keluar suaranya.

Jika ada efek yang tidak keluar suaranya, itu biasanya efek tersebut membutuhkan input yang besar, jadi volume inputnya ditambahi. Dulu saya juga mendapati masalah tersebut, namun, bisa diselesaikan dengan menambah volume input. Semoga bermanfaat.

Saya pake speaker laptop, volume laptop n speaker udah full tapi tetap ga keluar suaranya atau harus pake ampli ?

caranya gimana gan ?

sip man

misi mas,,,mau tanya langkah utk record guitar di nuendo gmn?kok gelombang rekaman nya enggak keluar pdhal sudah ada guitar rignya ,,,..mksh

begini mas.. pada nuendo terdapat 2 tombol lingkaran di trak nya. Kalau anda (hover) / mouse disorotkan ke atas tombol tersebut, ada keterangan record dan satunya monitor. nah, tombol record diaktifkan untuk merekam, tombol monitor itu diaktifkan kalau anda ingin mendengar suara inputnya. kalau sudah direkam, ya tekan aja lagi tombol monitornya, nanti akan nampak gelombang suara yang telah direkam. Terimakasih, semoga bermanfaat.

gan, kok ane udah ada suara gitarnya, tapi suara gitarnya gak berubah2…
effectnya gak keluar2…
yg salah dmn gan??

Pertama, pastikan inputnya sudah masuk. Untuk mengetahuinya, lihat di volume bar nya di bagian atas, ada yang input dan output. Kalau progress bar inputnya tidak ada progress sama sekali berarti input tidak masuk. Itu berarti anda harus setting dulu di bagian setting. Berarti juga, suara yang anda dengar itu bukan dari guitar rig.

Kedua, (kalau input sudah ada), pilih efeknya, lalu double klik supaya aktif.

Ketiga, perlu diketahui bahwa beberapa efek gitar rig tidak terdengar karena dia butuh input besar, ketika input besar, efeknya baru bisa diproses. Namun, pada beberapa efek berbasis distorsi, input sedikit saja sudah bisa terdengar.

Semoga bisa membantu, kalau ada waktu, akan saya buat tutorial video penggunaan guitar rig dan nuendo 4 supaya lebih jelas. Terimakasih.

mas gue pake microsoft windows xp versi 2002 bagaimana caranya men disable realtek seperti yang diatas ., mohon balasannya mas thanks

Mas Reza, anda buka explorer > my computer > klik kanan > properties > device manager > lalu cari soundcardnya di list driver, begitu ketemu, klik kanan > disable. Semoga berhasil.

nanya lagi mas suara input saya sdh keluar tapi outputnya kagak dan kadang kadang outputnya keluar itupun saya mengaktifkan noise gatenya dgn suara gitar sangat sebentar dan delay dan berakhir suara sangat noise berisik gak ada suara gitarnya sama sekali yg kluar., noise gatenya pun otomatis gak aktif.., mohon tolong bantuannya mass HELP ME !!!!

uhuuui

bang

mas numpang nanya ,, sya kan pake gitar rig 4 ,, sesuai petunjuk di blognya njenengan sudah sya ikuti karena waktu pertama nginstal gak keluar suara ,, setelah sya atur memang bisa ,, tapi kemudian untuk memutar winamp,gom,dsb tidak bisa ,, nah kemudian yang driver bawaan sya enable lagi untuk memutar winamp/gom,, memang untuk memutar winamp/gom jadi bisa lagi ,, tapi setelah itu driver bawaan sya coba disable lagi dengan harapan bisa main gtar rig lagi,,memang suara gitar terdeteksi,tapi outpunya tidak mengeluarkan suara sama sekali ( ada gambar silangnya di icon spikernya ),, jadi bagaimana caranya mas ???mohon bantuannya

Mas Toni, terimakasih atas kunjungan anda ke blog saya. Sebelumnya saya ada pertanyaan buat mas Toni. Mengapa anda ingin menyalakan winamp saat anda menggunakan guitar rig?

Jika jawabannya adalah “supaya saya bisa mendengarkan musik sehingga saya bisa mengiringi musik/lagu tersebut” , maka simak penjelasan berikut ini:

1. Driver soundcard anda yang sudah terinstal asio tidak bisa dishare dengan software lain. Jadi hanya bisa dipakai sendirian (untuk 1 software saja).
2. Untuk mengatasinya adalah:
2.a. Gunakan Rack di bagian atas efek di guitar rig. Guitar rig memiliki Rack sebelum efek dan rack sesudah efect. Yang sebelum efek berada di atas sendiri sedangkan yang setelah efek ada di bawah sendiri setelah kumpulan / rangkaian efek. Di rack yang atas terdapat button untuk membuka file mp3. Nah, anda load lagu yang anda inginkan dari fasilitas tersebut dan anda bisa meplay lagu tersebut sambil diiringi oleh suara gitar anda. dengan demikian kita hanya menggunakan satu software saja yaitu guitar rig itu sendiri. Dengan demikian soundcardnya tidak perlu dishare.
2.b. Gunakan DAW (Digital audio worksation) / music production software seperti nuendo 4. bisa didownload di http://music-production-softwares.blogspot.com/

Dengan bantuan Nuendo, anda bisa meload beberapa file mp3 bisa lagu, bisa suara bass, bisa suara drum, bisa apa saja. Nah dengan demikian anda bisa bermain seperti ngeband di studio bareng teman teman :D HOREEEEE

nah ,, sekarang muncul masalah baru lagi mas ,,, gitar rig 4-nya malah gak bisa suara deteksi suara gitar sedikit pun walaupun udah ngikutin semua prosedur di atas hehe ,, gimana nih mas pusing saya hehe ,,

pc saya pake souncard,jadi kalo mendisable speaker jd gakada suaranya ini
gimana gan….

Tetep bisa keluar suaranya gan, asalkan asio4all sudah diinstal, maka pasti keluar suaranya. Kalau asio4all belum diinstal lalu soundcardnya didisable, maka otomatis gak bisa keluar suaranya. Dan, untuk mengecheck asio4all nya bisa atau gak, maka harus dicheck menggunakan software yang memang menggunakan driver asio4all, seperti guitar rig, nuendo, dll. Tapi kalau dicheck menggunakan windows media player ya otomatis gak keluar suaranya dan malah error, karena windows media player tidak menggunakan driver asio4all.

Mas kok guitar rig saya pas dibuka langsung ada noise ya?

apakah drivernya sudah diganti Asio4all? biasanya kalau belum diganti memang noise ketika dibuka. Kalau ternyata sudah diganti Asio4all tapi tetap noise saat dibuka, itu berarti ada masalah dengan colokan inputnya.

Sudah pake asio4all mas,apa harus setting latency?
Buffer size saya sudah ganti ke 112 sample

gan z habis download di notebook itu guitar rig 5, tapi pas dijalankan screennya tdk mencukupi alias gambar guitar rig 5 labih besar daripada screen notebooknya. bagaimana solusinya?

itu berarti resolusi laptop anda terlalu kecil, jadinya window guitar rig kebesaran. SOlusi: naikkan resolusi screen anda, cari di desktop, klik kanan di tengah, properties, display, ganti aja misal dari 600X800 menjadi 1028 x 724. Selamat mencoba.

bang gue pake guitar rig 5 dan asio behringer usb sumuanya lancar2″ aja… tapi gue ada satu masalah bang senar gitar gue nyetrum pas maen di cpu tapi kalo maen di ampli dan efek beneran nggak ! pertama gue pikir itu komputer gue pasti grounding dan gue pegang casing dan besi besi di belakang cpu gue aman aman aja kagak nyetrum… tapi heran kenapa senar gitar gue nyetrum ya bang ?? apa ada salah di soundcard internalnya ya bang yg bermasalah ? apa memang beneran grounding komputer gue ..,mungkin bang aliv tw atau prnah ngalamin kayak gue mohon solusinya bang TERIMAKASIH!!!

Itu Jelas masalah Grounding mas.. ha ha ha.. saya juga pernah mengalaminya..

Pokoknya buat yang sering kesetrum ama soundcard, nyambung ke mixer, nyambung lagi ke MIC, bukan kasil take bagus yang didapet malah Rambut Jabrig Semua….
He…
Introduction GROUNDING PC Modal Rp. 5000 saja
Bahan2:

1. Kawat Jemuran bertembaga or apalah istilahnya…
2. Paku Beton/Paku besi. Paku Beton Recomended.
3. Palu, Minjem tetangga
4. Nyali buat kesetrum trial and ellor

Ni Banda2 yang Kudu diperhatiin n bener instalasinya
Kudu bener ya…

Kawat yang masuk ke lubang dicolokan kompie harus kena body besi colokannya juga
Terus diapit sama besi yang ada di tengah stop kontak stabilizer…
selamat mencoba..

oke siip terimakasih bang aliv :D

mas kalo pake netbok bisa gk softwere nya??? n apa harus pkek realtek…..mohon blsnya……

Netbook mestinya juga bisa, asal:
1. Ram (memori) nya mendukung untuk performa memproses data sinyal analog menjadi sinyal digital. 1 – 2 Giga mestinya cukup.
2. Soundcard. Nah soundcard ini mestinya soundcard jenis apapun bisa karena drivernya nanti menggunakan Asio4all yang bisa dipasang ke jenis soundcard apapun. Asio digunakan untuk mengurangi latency atau keterlambatan keluarnya suara gitar. Namun, beberapa soundcard tidak begitu support pada software audio processing seperti guitar rig dsb. kalau bunyi sih mestinya bisa, cuma gak begitu bagus alias banyak noisenya.

Coba saja dulu diinstal, jika setalah melewati beberapa perubahan setingan software kok tetep aja gak bisa, berarti memang hardwarenya (soundcard) tidak support. Seperti komputer rekan kantor. Sudah saya otak atik, tetep aja suaranya jelek. Asumsi saya “paling soundcardnya yang gak sip” tapi kata teman saya “alah.. bilang aja kamu emang gak bisa..” :D

suara gitar sudah keluar ,,lalu saya buka guitar rig5 ……kenapa suara efecknya gk keluar sama sekali,,,,…..saya pake netbook hp …….mohon blznya…………..

1. Pastikan sudah install Asio4all.
2. Soundcard yang (playback) harus dinonaktifkan dulu (disable), caranya lihat pada gambar di tulisan blog ini.
3. setting midi inputnya. (lihat di gambar di atas / di blog ini)
4. Pastikan sudah dipilih efeknya, dan besarkan volume input dan outputnya.

semoga bisa membantu.

boss sya ada mslah dengan input dr gitar ke laptopnya, klo output dr laptop ke speaker sdh ada suara efeknya, tp masalahnya input dr gitar ke laptopnya tdk bsa terbaca,,, tolong yahh.. makasi

wah.. aneh juga nih, output dah keluar tapi input gak ada. Jika guitar rig sudah dapat mengeluarkan suara, mestinya input juga bisa. Begini deh,
1. Cek lagi apakah drivernya sudah pakai asio4all apa belum,
2. pastikan juga soundcardnya (playback) didisable dulu.
3. Set midi input pada guitar rig (bisa dilihat pada gambar di tulisan di atas).
4. Jika langkah diatas tetap saja tidak bisa memberi solusi, bisa jadi kabel anda bermasalah. Ganti kabel dan jack nya.
5. Jika keempat metode diatas sudah dicoba dan tetep tidak bisa, maka bawa laptopnya ke saya.. biar saya pijit dulu laptopnya.. :D (berarti itu kasus baru, dan saya harus periksa sendiri).

sya mau tanya kan klo output dr laptop ke speaker terbaca kok, suara efeknya kedengaran, tapi masalahnya input dr gitar ke laptopnya kok suara gitarnya tdk terbaca yahh? jadi suara gitarnya tdk ada suaranya.. tlong infonya yahh… makasi

sudah balas pada komentar anda sebelumnya mas.. selamat mecoba.

bos itu cuma buat laptop pa, klo buat PC bisa ga??kan soket sound nya 2 klo PC, yang buat spiker, satunya buat gitar.a
bisa ga tu. tlong jwbannya ya bos

Bisa om.. bisa. Ane dulu pernah install di beberapa komputer sekolahan, iseng iseng ane coba, eh bisa. Wis segera aja. :D

Trus kalok mau ngehidupin Recording nya lagi gimana ? butuh buat skype nih

ya gampang, lakukan langkah yang sama, yaitu buka kembali sound settingnya, lalu aktifin kembali, beres kan? Nah, disable itu kalau mau pakai guitar rig aja. Kalau mau kembali ke aktifitas semula seperti nonton film pakai windows media player dan lainnya (aktifitas normal seperti chatting dll) aktifkan kembali aja. gunakan pintu masuk yang sama ketika mendisable :)

kalo Di windows XP gmna gan.. ??

Kalau di windows xp, anda buka saja “device Manager”. Sekarang ane sudah tidak menggunakan win xp lagi, tapi seingat ane, kira kira berikut lokasinya:
1. Klick kanan “My computer” (bisa dicari di windows explorer)
2. Klick kiri “Properties”
3. Klick “device manager”
4. Lalu cari driver audionya, kemudian didisable dengan klik kanan pada icon soundcardnya, lalu pilih disable.

Semoga berhasil.

Kunjungi situs baru saya: http://musisi.org

saya masih pake win xp gan, saat masuk di device manager, yang didisable soundcard reakteknya / yg mana?

Saya msh pake win xp nih gan, Pada saat di device manager apa saja perangkat audio yg perlu di disable?

cukup yang “playback” saja sebenarnya, tapi untuk amannya, didisable semua. Atau, cukup pada realteknya saja (itu kalau pakai soundcard realtek). untuk jelasnya, lihat saja cara mendisable audio device pada windows xp.

saya masih pake win xp gan, saat masuk di device manager, yang didisable soundcard realteknya / yg mana?

om, maaf sblumnya saya mau tnya.. itu soal guitar rig 4 download kan ada 3 part, nah stelah download ke 3 3 partnya gmn lagi langah nya, mohon di balas makasi sblumnya om aliv :)

Karena file guitar rig 4 lumayan besar, jadinya dibagi menjadi tiga bagian kecil supaya mudah diupload dan mudah juga didownload. Setelah ketiga partnya didownload, anda harus mengekstraknya menggunakan “Winrar” karena file tersebut dikompress dan dipecah menjadi tiga bagian menggunakan winrar. Nah, caranya adalah 1. install winrar (kalau belum punya, googling aja). 2. setelah terinstall, otomatis file berekstensi winrar (biasanya terdapat .rar pada akhir nama file). 3. ekstrak file tersebut dengan mengklik kanan file yang part 1. atau, double klik saja file yang part 1 otomatis akan mengekstrak file berikutnya yaitu yang part 2 dan part 3. Jika kebetulan part 3 belum didownload, dia nanti pasti akan mengeluarkan jendela yang meminta anda menunjukkan lokasi file berikutnya (part 3) agar file utuhnya bisa diekstrak dengan baik. Selamat mencoba :) jangan lupa mengunjungi blog baru saya musisi.org

Gan! Ane mau tanya..
Nih ane share pic masalah guitar rig 5 di komputer ane?

http://lockerz.com/u/mega.ferdana263/decalz/25065117/guitar_rig_5?ref=mega.ferdana263

Mohon bantuannya!

Aku dulu pernah dapat masalah kayak gini sepertinya, tapi lupa lupa ingat sih. Tapi sebelumnya saya tanya, apakah sound nya bisa keluar (dapat didengar)? jika iya, maka kemungkinan itu setting sample ratenya yang ketinggian. Dulu sebelum pakai guitar rig 5, yaitu pakai Overloud TH 1, di bagian settingnya terdapat pilihan setting sample rate, semakin kecil latency, semakin besar buffernya, dan semakin tinggi sample ratenya, maka komputer akan bekerja lebih keras dan otomatis asio akan menampilkan icon female warna kuning yang berarti “beyond logic” itu artinya pemakaiannya diluar kemampuan soundcard yang digunakan. Jika demikian, maka solusi yang mungkin bisa dilakukan adalah:
1. Menurunkan kualitas latency pada guitar rig (saya kira ini kurang membantu, tapi dicoba aja dulu), jika tidak bisa, maka:
2. Mengganti setting sample rate pada control panel > Realtek HD audio manager > cari bagian output, lalu buka default format sebelahnya tab sound effects. Lalu ubah sample ratenya ke 24bits/4800 Hz audio quality. Jika gagal juga, maka:
3. Ganti asionya dengan asio yang terbaru, uninstall dulu. kemudian hapus secara bersih sampai ke registrynya HKEY_CURRENT_USER/Software/ASIO4ALL v2 pokoknya cari yang ada kaitannya sama asio lalu hapus semua. kemudian install asio yang baru. jika tidak bisa juga, maka:
4. Coba load guitar rig dari flstudio, ini biasanya berhasil. Tapi jika tetap tak berhasil juga, maka:
5. Saatnya menggunakan sound card luar seperti M-AUDIO.
selamat mencoba, semoga berhasil.

musisi.org

gan tolongiiiiiiin….guitar rig ane gak keluar suara gitarnya,,tapii suara metronomenya keluar,,,kenapa ya?????tolongin dong pleaaaaacccceeee…….

Wauw.. kalau suara metronome bisa keluar, itu berarti berita bagus Jang, berarti outputnya normal. Nah, sekarang yang perlu Ujang lakukan adalah:
1. Pastikan Udah pakai driver asio4all.
2. Baca tips pada postingan ini dengan seksama, dan baca juga komentar dari problem orang orang yang komentar di blog ini terkait masalah guitar rig tidak bisa bunyi karena semua sudah saya jelaskan dengan detil. Nah, ikuti pentunjuknya dengan puelan puelan ya :), InsyaAllah bisa teratasi.
3. Oke deh saya tegaskan lagi:
a. Pastikan Asio4all sudah terinstall.
b. Pastikan driver soundcard bawaan komputer /laptop sudah didisable. tapi pastikan outputnya sudah dibesarkan sebelum didisable, dan inputnya kecil aja supaya tidak noise/kemresek.
c. Atus setingan input dan output di guitar rig nya (lihat gambar pada postingan diatas).

Mas Ujang, topic ini sudah dibahas dari buanyak permasalahan yang terjadi, jadi baca lagi aja dengan cermat dan sabar, nanti ketemu jawabannya di blog ini. :) kalau sudah ada perkembangan kabari lagi ya :) semoga berhasil.

gan tolongin dooong…guitar rig ane gak keluar suara gitarnya..tapi suara metronomenya keluar,,,kenapa ya?tolongin dong…pleaaacceee……

klo bukan realtek gmna gan?

Bisa, aku pernah pakai Winfast juga bisa.

ma kok kalo di windows 7 / 8 pas kita buka guitar rig player lain kaya winamp dll ga berfungsi ya padahal kalo di xp bisa
mohon pencerahanya biar di windows 7 bisa jalan barengan.
terimakasih

bukan hanya di windows 7 atau 8 aja. Winamp dll tidak akan berfungsi karena soundcardnya digunakan oleh guitar rig, dan sudah dikontrol oleh asio4all. Jika ingin memutar musik mp3 untuk digunakan mengiringi permainan gitar, diload saja melalui guitar rig, bisa kok. lihat bagian pre tape deck, klik gambar folder untuk membuka file mp3 yang anda inginkan.

bos,,,semua normal,,cuma suara outnya gak bisa jernih bos,,,gak karuan,,apalagi kalo senarnya di lepas,,solusinya bos

netbook ane jck audio ny cm 1.tp ada gmbar headset n mic di cassingny,itu masalahny.pdhl software gitar rig 4 n asio4all udah ready.punya solusi gk?

wah,.. gak bisa tuh, harus pakai soundcard external. pakai saja M-audio usb.

ane pkk notebook eepc.dgn jack output input cm 1 lubang.akhrny ane bli usb sound yg disitu ada 2 jack audio input.langkah2 tentang guitar rig gk ngluarin suara di blog ini dh ane jalani.tp te2p k kluar suara gitarny.tp metronome kluar.bantu gannnn…ane pening

Kalau kamu usb sound converter seperti Behringer, maka kamu tidak lagi menggunakan soundcard bawaan laptop kamu. kamu tentunya dibekali driver audio usb tersebut. install sehingga bisa digunakan. nah, buka gitar rig kamu, setting hardwarenya pakai yang usb audio behringer yang baru saja kamu install. Jadi, kalau di setingan guitar rig masih pakai driver bawaan laptop, ya terang saja gak bisa keluar suara. Selamat mencoba.

mas, numpang tanya nih. ASIO4ALL sudah di install, Saya pakai soundcard USB eksternal. ada tulisan BEHRINGER gitu deh. semua udah di install tapi suara gitar/efek ga keluar sama sekali pas main di GUITAR RIG 5. itu kenapa ya? apa masalah sound? atau apa?

Pastikan:
1. Soundcard yang digunakan di Guitar Rig sudah diubah ke Behringer, bukan bawaan komputer ataupun ASIO4all. itu karena behringer sudah punya driver sendiri.

dan perlu diingat outputnya langsung dari Behringer keluar ke sound out speaker. Selamat mencoba :)

Gan, mau tanya nih kalo pake notebook toshiba 510 yang satu lubang colokan di NB nya bisa ndakk gan, mohon bimbingannya, tnks

Fa’i

wah.. gak bisa tuh kayaknya mas Fa’i. Solusi yang saya tawarkan hanya satu yaitu beli Behringer USB link UCG102. Harga barunya sekitar 780 ribuan. Harga bekasnya bervariasi dari 400 hingga 600an. Nah kalau tiruannya yaitu USB GUITAR LINK, harganya lebih murah, sekitar 260ribuan. Semoga bermanfaat :)

gan mau nanya nih
kalo saya pake headset ko keluar suara nya kanan terus ya
padahal volume suara nya udah saya ke tengah’in

Ada banyak kemungkinan:
1. Setingan output dari soundcard Anda masih hanya right saja, mestinya lift and right Atau stereo.
2. Seringan luput pada guitar rig ( pada post tape deck) masih right saja. Mestinya di setting agar left and right atau stereo.

Selamat mencoba :)

Tutorial lainnya ada di: http://Musisi.org

mau tanya ni bang. suara gitar gak keluar … saya ketuk” pake jari malah keluar bunyi ketukan …. suara gitar gak muncul gimana solusinya ya bang

o.. aku pernah ngalamin kayak kamu gini. kondisi tersebut terjadi pada saat:
1. Gitar elektrik kamu kamu pasangin senar gitar akustik. getaran senar gitar akustik tidak bisa dideteksi oleh pickup gitar elektrik. jadi harus pakai senar gitar elektrik.
2. Kamu pakai gitar akustik yang kamu pasangin spool. mending beli gitar elektrik saja yang murah murah buat latihan aja.

mau tanya ni bang suara gitar gak keluar tapi suara ketukan jari saya di laptop yang keluar… solusinya gimana y bang,,,thans sblumnya bang

Yang kamu ketuk pickup/spool gitarnya apa laptop kamu yang kamu ketuk2? kalau laptop kamu yang kamu ketuk2 lalu keluar suara, itu berarti opsi “listen to this device” pada setting soundcard kamu aktifkan.

Gan
Ane pake GR4 kok HDMI nya di Asio4ll config ngga bisa ya, ada tanda silang merah gitu,
saya cek di soundcard sudah enable tapi not pluggedin
Bisa dibantu saya gan?
Makasi

Wah..ide bagus itu mas syahrul..iya ya mestinya ane buat juga yang membuat drum. Oke ditunggu aja ya..ane buat dulu dan segera ane share.

Lho..kalau pakai asio4all..soundcardnya justru harus didisable bukan dienable.

Cara mengaktifkan efek gitarnya tuch di menu apa ya?

Ada di all program start menu. Atau search aja guitar rig.

gan … alamt fb donk…
aku mau tnya2 ni ..

sama seperti agan diatas…

saya udah ikutin petunjuk om yg diatas. tp kenapa ya suara input gitar nya ga keluar. tp suara output sudah keluar.
apa ada yg salah lg ya om?
kalau di setingan asio sudah benar semua kok. mohon pencerahannya om.
thanks

Ane sekarang sudah tidak punya fb mas.. banyak mudhorotnya :D .. wah.. kondisi peralatan agan agan yg bertanya di forum ini berbeda beda.. tidak semua bisa disamaratakan denga satu solusi penjelasan. Output suara keluar dari mana? Kalau udah dipakai guitar rig.mestinya audio yg lain gak bakal bisa nyala..misal winamp atau media player mestinya tidak bisa nyala. Kalau masih nyala berarti audio devica belum didisable dan masih bertabrakan dengan asio.

Solusi laib adalah dengan meload guitar rig dari flstudio. Cari tutorialnya di musisi.org.. semoga dengan jalan ini bisa..

mas, kalo pake asio4all itu sudah pasti ketolong latency/noisenya?
dan kalo saya pake guitar link usb (ya walaupun replika) hehe, ngga usah pake asio4all gimana ya? udah ketolong belom?
mau beli guitar link usb nih mas, masih butuh survey huhu

Usb link yg bajakan tuh cocok cocokan sama komputer yg berbeda beda. Kadang bisa kadang konflik dengan audio device intrnal kadang dengan asio. Kalau mau hati..mending beli m-audio usb

tolong saya mas waktu buka guiar rig 5 dan semua jack sudah terpasang lengkap & asio4allnya sdh beres, tapi sinyal output inputnya gk ada respon apa2 gmn tu solusinya mhn bntuannya

Pasti audio devicenya belum di disable. Di disable dulu mas. Caranya lihat di postingan di blog ini.

mas , mau tanya
guitar rig 4 dah bisa keluar suaranya , metronom bisa,,
nah masalahnya ,
gitar saya g bisa kedetek suaranya gan alias g mau keluar ,
di routing nya tu g ada opsi line in,,
kebetulan saya pake usb guitar link ,

ditunggu blesanya ya gan ,
atau ane add fb nya sampean …

need fixed gan :(

Usb linknya diinstal dulu drivernya mas.. kalau sudah.. nanti di guitar rig akan muncul opsi untuk menggunakan usb guitar linknya untuk jadi audio devicenya. Setelah itu baru line in nya muncul. Selamat mencoba..

gan kalo ane kok ngak bisa keluar suaranya?
solusinya gimana gan udah pake cara yang agan posting tapi masih ngak keluar suaranya

Coba baca dari pertanyaan pertanyaan dan jawaban di komentAR.. mungkin agan melewatkan beberapa hal.. solusi sementara untuk guitar rig yg benar benar tidak bisa mengeluarkan suara setelah berbagau cara ditempuh adalah dengan meloadnya melalui fl studio. Tutorialnya ada di musisi.org


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 159 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: